Cara Menggunakan ShopeePay

Ingin mendapatkan ongkir gratis saat belanja online di Shopee? Mudah banget, yaitu dengan cara menggunakan fitur shopeePay agar bisa menggunakan voucher gratis ongkir.

Nampaknya Shopee menjadi tempat belanja online favorit banyak orang, sebabnya tak lain karena promo gratis ongkir yang hampir ada pada setiap bulannya, gratis ongkir bahkan bisa sampai 0 rupiah.

Meski begitu, promo ongkir gratis 0 rupiah tanpa syarat biasa terbatas karena setiap akun hanya dibatasi mendapat 1 voucher saja pada setiap bulannya. Voucher ongkir gratis lainnya harus menggunakan Shopeepay untuk belanja.

Dan sebenarnya menggunakan Shopeepay untuk melakukan pembayaran saat belanja online di Shopee tidak jauh berbeda dengan cara metode pembayara lainnya.

Apa itu ShopeePay?

apa itu shopeepay

ShopeePay adalah layanan pembayaran elektronik yang bisa digunakan sebagai metode pembayaran saat berbelanja di platform Shoppe. Tentu saja sebelumnya pengguna harus mengisi saldo terlebih dahulu.

Seperti layanan pembayaran elektronik lainnya, ShopeePay juga memiliki fitur yang serupa. Pengguna bisa menambah saldo ShopeePay hingga Rp2.000.000 dan untuk pengguna yang sudah melakukan verifikasi bisa mebambah saldo hingga Rp10.000.000.

Selain itu kita bisa mengirim saldo ShopeePay ke sesama pengguna.

Lalu apa hubungannya ShopeePay dengan ongkir gratis?

Hal ini berdasarkan kegunaan ShopeePay sebagai metode pembayaran yang dikeluarkan oleh pihak Shopee. Jadi untuk mengenalkan layanan pembayaran elektronik mereka dibuatlah ongkir gratis dengan metode pembayaran ShopeePay.

Jadi selain pembayarannya bisa jadi lebih cepat, keuntungan menggunakan ShopeePay lainnya ongkir gratis untuk setiap barang yang kita beli. Jadi bisa lebih hemat.

Lalu bagaimana cara menggunakan ShopeePay gratis ongkir? Sebelumnya pastikan bahwa akun Shopee Anda sudah diverifikasi dan sudah memiliki saldo ShopeePay yang mencukupi.

Jelasnya bisa buka laman bantuan Shopee.

Cara Aktifkan ShopeePay

Untuk mengatifkan ShopeePay kita tidak perlu pengisi formulir pendaftaran seperti saat membuat akun lagi, kita cukup melakukan verifikasi nomor ponsel.

Untuk mengaktifkan ShopeePay kita bisa masuk ke aplikasi Shopee dan masuk ke menu ShopeePay, selanjutnya tinggal lakukan verifikasi nomor telpon yang digunakan saat daftar Shopee.

Shopee akan mengirim kode OTP lewat pesan SMS, silahkan salin kode tersebut dan tempelkan pada kolom yang tersedia pada aplikasi Shopee. Setelah itu, akan diminta untuk membuat 6 PIN keamanan.

Cara Isi Saldo ShopeePay?

Saat ini cara top up atau mengisi saldo ShopeePay bisa dilakukan dengan lewat bank transfer ( BCA, Mandiri, BNI dan BRI), Kasir Alfamart/ Alfamini dan Indomaret/ i.Saku.

Untuk mengisi saldo ShopeePay lewat bank transfer dilakukan menggunakan No. Virtual Account.

Semisal kita akan menggunakan BRI, maka bisa menggunakan pembayaran BRIVA di ATM. Untuk kode BRIVA untuk mengisi saldo bisa dilihat pada laman pembayaran aplikasi Shopee.

Sebagai contoh kita akan isi saldo ShopeePay lewat kasir Indomaret, maka sebelumnya kita harus punya kode pembayaran terlebih dahulu.

Kode pembayaran ini bisa kita buat lewat aplikasi Shopee. Bagaimana cara melakukannya? Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Pertama, buka aplikasi Shopee.
  • Pilih menu ShopeePay, atau bisa lewat profil Saya, gulir ke bawah dan pilih ShopeePay.
  • Tekan menu Isi Saldo.
  • Selanjutnya pilih metode pembayaran dengan Indomaret/ i.Saku. Tekan Konfirmasi.
  • Pilih Nominal yang ingin Anda top up ke ShopeePay.
  • Lalu tekan Bayar Sekarang.
  • Akan tampil kode pembayarannya pada layar.
cara mengisi saldo shopeepay

Setelah mendapatkan kode pembayaran Indomaret untuk melakukan top up ShopeePay, selanjutnya kita tinggal membawa kode tersebut ke kasir Indomaret.

Katakan saja “Saya ingin mengisi saldo ShopeePay lewat Indomaret”, lalu tunjukan kode pembayaran yang ada di aplikasi Shopee. Jangan lupa untuk menyertakan uang sesuai nominal yang dipilih.

Tidak lama setelahnya, kita akan medapatkan struk bukti pembayaran. Lalu cek saldo ShopeePay di aplikasi, maka saldonya akan terisi dengan sejumlah nominal yang kita top up.

Cara Menggunakan Shopeepay

Masih bingung bagaimana cara bayar pakai ShopeePay? Jika ShopeePay sudah aktif dan saldonya sudah tersisi seharusnya cara pakai ShopeePay jadi lebih mudah.

Setelah memilih barang ingin dibeli dan memasukannya ke keranjang belanja, selanjutnya tinggal melakukan Chekout, yaitu tombol berwarna orange yang berada di bagian bawah kanan layar.

Pada laman Chekout kita perlu atur alamat pengiriman, opsi pengiriman, voucher gratis ongkir (jika ada), dan pilih metode pembayaran.

Nah, pada Metode Pembayaran kita pilih ShopeePay. Selanjutnya kita diminta untuk memasukan PIN keamanan. Jika sudah berhasil chekout maka saldo ShopeePay akan terpotong secara otomatis.

Setelah pembayaran berhasil, barang yang kita pesan akan masuk ke proses pengemasan oleh penjual untuk selanjutnya akan dikirim ke alamat yang kita cantumkan menggunakan ekspedisi yang dipilih tadi.

Demikian pembahasan mengenai cara menggunakan ShopeePay, dimulai dari cara mengatifkan, mengisi saldo atau top up, dan cara bayar pakai ShopeePay.

Default image
Ria Novita
Semoga bisa membatu menyelesaikan masalah pembaca.

Leave a Reply