Cara Cek Kesehatan Baterai Xiaomi

Baterai memiliki peranan penting pada ponsel sebagai sumber energi yang membuat semua fitur bisa bekerja sebagaimana mestinya, itu sebabnya kesehatan baterai akan berpengaruh juga terhadap kinerja ponsel.

Baterai yang sehat akan membuat kinerja ponsel lebih maksimal dan bisa tahan lama saat kita gunakan. Pun sebaliknya, jika baterai tidak sehat, maka bisa menimbulkan banyak gangguan pada ponsel dan bisa menghambat aktivitas kita.

Nah, tulisan kali ini akan membahas bagaimana cara mengetahui kesehatan baterai ponsel, khususnya untuk untuk ponsel atau hp Xiaomi. Namun, untuk ponsel Android lainnya juga bisa menggunakan metode ini.

Cara mengecek kesehatan baterai bisa kita lakukan dengan memanfaatkan fitur bawaan, juga bisa dengan memasang aplikasi dari pihak ketiga. Keduanya akan kami bahas pada tulisan ini.

Cara Cek Kesehatan Baterai HP Xiaomi

Berikut adalah cara cek kesehatan baterai Xiaomi lewat Engineering Mode:

  • Masuk ke menu Pengaturan atau Setelan Xiaomi.
  • Pilih opsi Tentang Ponsel, lalu ketuk Versi kernel sebanyak tiga kali agar bisa masuk pada mode kalibrasi atau pengujian.
  • Langkah berikutnya pilih Single item tes.
  • Akan tampil beragam item pengunjian, mulai dari Key, Bluetooth, SIM Card, Vibration, Speaker, Headset, LED, Camera, Wi-Fi hingga Baterai.
  • Pilih opsi Baterai untuk kalibrasi baterai Xiaomi.
cara cek kesehatan baterai xiaomi
  • Selanjutnya akan dialihkan ke Engineering Mode, pada laman tersebut akan ada informasi terkait status, kesehatan, level, skala, tegangan, hingga suhu baterai.

Dengan langkah-langkah di atas kita bisa cek kesehatan baterai Xiaomi. Jika yang muncul pada Battery Health adalah good, artinya baterai masih sehat dan masih layak untuk digunakan.

Namun jika yang muncul sebaliknya, maka kondisi baterai sudah tidak sehat, maka perlu untuk segera menggantinya.

Untuk hp Xiaomi yang tidak bisa menggunakan cara di atas jangan berkecil hati, karena kita bisa mengecek kesehatan baterai dengan aplikasi pihak ketiga.

Cek Kesehatan Baterai Xiaomi dengan Aplikasi

Ada banyak aplikasi yang bisa kita gunakan untuk mengecek status kesehatan baterai HP Android. Untuk informasi yang ditampilkan pada aplikasi tidak jauh berbeda dengan metode sebelumnya. Untuk jelasnya silahkan ikuti cara berikut:

Aplikasi Battery Health Checker

kesehatan baterai xiaomi
  • Pertama, buka aplikasi Google Play
  • Ketikan “Battery Health Checker” pada kolom pencarian
  • Pilih salah satu aplikasi pengecek kesehatan baterai yang berada di urutan pertama
  • Ketuk tombol Instal, tunggu hingga selesai
  • Setelah berhasil terpasang, buka aplikasinya
  • Nantinya bisa kita lihat informasi Temperature, Health, Voltage, Technology,

Jika pada indikator Healty Good, artinya kesehatan baterai dalam keadaan baik dan masih bisa menunjang kinerja ponsel secara optimal.

Jika status kesehatan baterai baik namun tetap boros saat kita gunakan, coba atasi dengan Cara Menghemat Baterai Xiaomi.

Aplikasi AccuBattery

baterai xiaomi

Aplikasi yang bisa kita gunakan untuk cek kesehatan baterai Xiaomi selanjutnya bernama AccuBattery, aplikasi ini memiliki fitur yang cukup lengkap untuk menganalisa kesehatan baterai ponsel.

Untuk mengetahui hasil analisis dari kesehatan baterai, kita perlu menggunakan aplikasi ini selama 7 hari. Nantinya akan memberikan laporan terkait analisa kesehatan baterai, penggunaan, dan pengisian baterai.

Kesimpulan

Secara garis besar, kesehatan baterai Android dipengaruhi oleh beberapa hal seperti menggunakan ponsel sambil dicas, usia baterai yang sudah terlalu tua, dan cacat produk.

Mengetahui kesehatan baterai sebenarnya cukup mudah, tanda yang paling ketara adalah baterai cepat penuh ketika dicas dan akan cepat habis saat kita gunakan. Namun untuk informasi yang akurat bisa menggunakan cara di atas.

Itulah pembahasan mengenai bagaimana cara cek kesehatan baterai Xiaomi, semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan atau punya metode lain dalam mengecek kesehatan baterai Android bisa tanyakan lewat kolom koemtar.

Default image
Ria Novita
Semoga bisa membatu menyelesaikan masalah pembaca.

Leave a Reply